
MotoBike - Berencana dongkrak kapasitas mesin Yamaha Vega ZR kesayangan biar makin ngacir dengan dana terjangkau? Enggak ada salahnya lirik hasil racikan Vega ZR lansiran 2011 milik Anton ‘Jiton’, warga Kemanggisan, Jakbar warna hitam ini.

“Sudah bore-up jadi 158 cc pakai piston Honda Sonic berdiameter 59,0 mm (standarnya Vega ZR 50,0 mm), berikut aplikasi beberapa part racing lain. Kalau dihitung-hitung, biaya totalnya sekitar Rp 3 juta. Tapi hasilnya sangat memuaskan, karena mampu mendongkrak horse power hingga 14 dk lebih,” ungkap Jiton. Wow.. pasti ubahannya banyak ya?
“Lumayan banyak sih. Selain andalakan piston Sonic, saya juga aplikasi noken as LHK yang sudah di-custom lagi dan klep gede 24/28 mm (out/in) berlabel Daytona,” sahut Bryan, bos bengkel Harapan Jaya (HJ) yang menggarapnya.

Selain aplikasi peranti di atas, guna dongkrak suplai bahan bakar di ruang bakar lebih banyak, sesuai penambahan volumenya, Bryan comot karburator Yamaha RX-King, dengan paduan spuyer 170/25.
“Berhubung volume ruang bakar tambah besar dan suplai BBM makin banyak, otomatis butuh pengapian lebih besar juga. Nah untuk atasi hal tersebut, saya aplikasi otak pengapian BRT Dualband,” tutur pria pengalaman 4 tahun ini.

Nah, setelah tunggangan digarap selama 3 hari, dites pakai mesin dynamometer DYNOmite milik Ultraspeed Racing di bilangan H. Mencong, Ciledug. Hasil yang diperoleh, power puncak 14,49 dk/8.748 rpm dan torsinya 12,49 Nm/7.527 rpm.
Bagaimana, tertarik? Keterangan lebih komplet bisa sambangi HJ langsung. Namun untuk pertimbangan harga maupun hasil garapan, sebelumnya bisa cari referensi ke bengkel lain lebih dulu.
Info : http://mymotobike.com/article/read_article/20021/171/2011/08/07/Yamaha-Vega-ZR-Bore-Up-158-cc.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar